KEMAMPUAN GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA’IM SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | IRWANSYAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5525/1/2013_2013325PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5525/ |
ctrlnum |
5525 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/5525/</relation><title>KEMAMPUAN GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI
PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN
NA’IM SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>IRWANSYAH, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Skripsi ini mengkaji tentang kemampuan guru fiqih dalam hal pelaksanaan
evaluasi pembelajaran. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui
kemampuan guru fiqih yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran, serta untuk
mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih di sekolah. Kemampuan guru
merupakan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam
menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian,
seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur
evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang
digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar.
Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pembuatan
soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan
menindaklanjuti hasil evaluasi.
Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan
jenis penelitian lapangan (Field Research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang
berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (Library Research).
Adapun yang menjadi tolak ukur kemampuan guru dalam pelaksanaan
evaluasi pembelajaran adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru fiqih
berkemampuan tinggi, sedang atau rendah. Dan yang menjadi subjek penelitian ini
adalah guru fiqih di MTs Darun Na’im Simpangkubu Kecamatan Kampar.Sedangkan
objeknya adalah kemampuan guru fiqih dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di
MTs Darun Na’im Simpangkubu.Dan setelah dilakukan penelitian terhadap dua orang
responden di MTs Darun Na’im Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten
Kampar, maka dapat disimpulkan bahwa guru fiqih di MTs Darun Na’im
Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar ini adalah Kurang Baik dalam
pelaksanaan evaluasi pembelajaran.dengan persentase 53,7 % dan di dukung oleh
observasi dan wawancara.
Dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam
pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih adalah latar belakang pendidikan guru,
pengetahuan guru tentang evaluasi pembelajaran, waktu yang tersedia untuk
pelaksanaan evaluasi, kesiapan peserta didik, kesukaran dan kemudahan soal-soal
yang diberikan kepada peserta didik.</description><date>2012-06-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5525/1/2013_2013325PAI.pdf</identifier><identifier> IRWANSYAH, (2012) KEMAMPUAN GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA’IM SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>5525</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
IRWANSYAH, |
title |
KEMAMPUAN GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI
PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN
NA’IM SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2012 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/5525/1/2013_2013325PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5525/ |
contents |
Skripsi ini mengkaji tentang kemampuan guru fiqih dalam hal pelaksanaan
evaluasi pembelajaran. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui
kemampuan guru fiqih yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran, serta untuk
mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih di sekolah. Kemampuan guru
merupakan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam
menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian,
seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur
evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang
digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar.
Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pembuatan
soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan
menindaklanjuti hasil evaluasi.
Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan
jenis penelitian lapangan (Field Research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang
berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (Library Research).
Adapun yang menjadi tolak ukur kemampuan guru dalam pelaksanaan
evaluasi pembelajaran adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru fiqih
berkemampuan tinggi, sedang atau rendah. Dan yang menjadi subjek penelitian ini
adalah guru fiqih di MTs Darun Na’im Simpangkubu Kecamatan Kampar.Sedangkan
objeknya adalah kemampuan guru fiqih dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di
MTs Darun Na’im Simpangkubu.Dan setelah dilakukan penelitian terhadap dua orang
responden di MTs Darun Na’im Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten
Kampar, maka dapat disimpulkan bahwa guru fiqih di MTs Darun Na’im
Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar ini adalah Kurang Baik dalam
pelaksanaan evaluasi pembelajaran.dengan persentase 53,7 % dan di dukung oleh
observasi dan wawancara.
Dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam
pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih adalah latar belakang pendidikan guru,
pengetahuan guru tentang evaluasi pembelajaran, waktu yang tersedia untuk
pelaksanaan evaluasi, kesiapan peserta didik, kesukaran dan kemudahan soal-soal
yang diberikan kepada peserta didik. |
id |
IOS7815.5525 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:07:22Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:07:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821906501468160 |
score |
17.538404 |