KEMAMPUAN GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA’IM SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: IRWANSYAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5525/1/2013_2013325PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5525/
ctrlnum 5525
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/5525/</relation><title>KEMAMPUAN GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI&#xD; PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN&#xD; NA&#x2019;IM SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR&#xD; KABUPATEN KAMPAR</title><creator>IRWANSYAH, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Skripsi ini mengkaji tentang kemampuan guru fiqih dalam hal pelaksanaan&#xD; evaluasi pembelajaran. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui&#xD; kemampuan guru fiqih yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran, serta untuk&#xD; mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih di sekolah. Kemampuan guru&#xD; merupakan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam&#xD; menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran,&#xD; pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian,&#xD; seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur&#xD; evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang&#xD; digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar.&#xD; Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pembuatan&#xD; soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan&#xD; menindaklanjuti hasil evaluasi.&#xD; Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan&#xD; jenis penelitian lapangan (Field Research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang&#xD; berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (Library Research).&#xD; Adapun yang menjadi tolak ukur kemampuan guru dalam pelaksanaan&#xD; evaluasi pembelajaran adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru fiqih&#xD; berkemampuan tinggi, sedang atau rendah. Dan yang menjadi subjek penelitian ini&#xD; adalah guru fiqih di MTs Darun Na&#x2019;im Simpangkubu Kecamatan Kampar.Sedangkan&#xD; objeknya adalah kemampuan guru fiqih dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di&#xD; MTs Darun Na&#x2019;im Simpangkubu.Dan setelah dilakukan penelitian terhadap dua orang&#xD; responden di MTs Darun Na&#x2019;im Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten&#xD; Kampar, maka dapat disimpulkan bahwa guru fiqih di MTs Darun Na&#x2019;im&#xD; Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar ini adalah Kurang Baik dalam&#xD; pelaksanaan evaluasi pembelajaran.dengan persentase 53,7 % dan di dukung oleh&#xD; observasi dan wawancara.&#xD; Dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam&#xD; pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih adalah latar belakang pendidikan guru,&#xD; pengetahuan guru tentang evaluasi pembelajaran, waktu yang tersedia untuk&#xD; pelaksanaan evaluasi, kesiapan peserta didik, kesukaran dan kemudahan soal-soal&#xD; yang diberikan kepada peserta didik.</description><date>2012-06-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5525/1/2013_2013325PAI.pdf</identifier><identifier> IRWANSYAH, (2012) KEMAMPUAN GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA&#x2019;IM SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>5525</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author IRWANSYAH,
title KEMAMPUAN GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA’IM SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2012
topic 370 Pendidikan
url http://repository.uin-suska.ac.id/5525/1/2013_2013325PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5525/
contents Skripsi ini mengkaji tentang kemampuan guru fiqih dalam hal pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan guru fiqih yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran, serta untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih di sekolah. Kemampuan guru merupakan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pembuatan soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (Library Research). Adapun yang menjadi tolak ukur kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru fiqih berkemampuan tinggi, sedang atau rendah. Dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru fiqih di MTs Darun Na’im Simpangkubu Kecamatan Kampar.Sedangkan objeknya adalah kemampuan guru fiqih dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di MTs Darun Na’im Simpangkubu.Dan setelah dilakukan penelitian terhadap dua orang responden di MTs Darun Na’im Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, maka dapat disimpulkan bahwa guru fiqih di MTs Darun Na’im Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar ini adalah Kurang Baik dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.dengan persentase 53,7 % dan di dukung oleh observasi dan wawancara. Dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih adalah latar belakang pendidikan guru, pengetahuan guru tentang evaluasi pembelajaran, waktu yang tersedia untuk pelaksanaan evaluasi, kesiapan peserta didik, kesukaran dan kemudahan soal-soal yang diberikan kepada peserta didik.
id IOS7815.5525
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:07:22Z
last_indexed 2019-07-31T02:07:22Z
recordtype dc
_version_ 1674821906501468160
score 17.538404