HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | NURJANAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5511/1/2013_2013208PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5511/ |
ctrlnum |
5511 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/5511/</relation><title>HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 4
TAPUNG KECAMATAN TAPUNG
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>NURJANAH, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Perpustakaan adalah tempat siswa mencari informasi dengan membaca
buku yang relevan, tempat belajar dan membaca sehingga siswa dapat belajar
dengan mandiri, dan sebagai tempat diskusi yang aman, jauh dari keramaian dan
kebisingan. Perpustakaan sekolah dapat menunjang kelancaran proses belajar
mengajar sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dan hasil belajar siswa
dapat meningkat dengan keberadaan perpustakaan sekolah.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada sebagian siswa yang kurang
mengunjungi perpustakaan sekolah untuk membaca pada jam istirahat, masih ada
sebagian siswa yang jarang meminjam buku yang tersedia di perpustakaan, masih
ada sebagian guru yang kurang memberikan motivasi kepada anak untuk
memanfaatkan perpustakaan, dan masih ada sebagian hasil belajar siswa yang
belum mencapai ketuntasan secara klasikal khususnya pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan pemanfaatan
perpustakaan sekolah dengan hasil belajar di SMP Negeri 4 Tapung Kabupaten
Kampar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIa dan VIIIb
SMP Negeri 4 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah
39. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 2 (dua) teknik
pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Dalam mengolah data
kuantitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Serial.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik suatu kesimpulan adanya
hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil
belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar
atau Ha diterima. Hal ini terbukti dari hasil rch = 0,520898 jauh lebih besar dari
rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,325 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,418.
Atau dapat ditulis persamaan 0,520898 > 0,325 (5%) > 0,418 (1%).</description><date>2012-06-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5511/1/2013_2013208PAI.pdf</identifier><identifier> NURJANAH, (2012) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>5511</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
NURJANAH, |
title |
HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 4
TAPUNG KECAMATAN TAPUNG
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2012 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/5511/1/2013_2013208PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5511/ |
contents |
Perpustakaan adalah tempat siswa mencari informasi dengan membaca
buku yang relevan, tempat belajar dan membaca sehingga siswa dapat belajar
dengan mandiri, dan sebagai tempat diskusi yang aman, jauh dari keramaian dan
kebisingan. Perpustakaan sekolah dapat menunjang kelancaran proses belajar
mengajar sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dan hasil belajar siswa
dapat meningkat dengan keberadaan perpustakaan sekolah.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada sebagian siswa yang kurang
mengunjungi perpustakaan sekolah untuk membaca pada jam istirahat, masih ada
sebagian siswa yang jarang meminjam buku yang tersedia di perpustakaan, masih
ada sebagian guru yang kurang memberikan motivasi kepada anak untuk
memanfaatkan perpustakaan, dan masih ada sebagian hasil belajar siswa yang
belum mencapai ketuntasan secara klasikal khususnya pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan pemanfaatan
perpustakaan sekolah dengan hasil belajar di SMP Negeri 4 Tapung Kabupaten
Kampar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIa dan VIIIb
SMP Negeri 4 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah
39. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 2 (dua) teknik
pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Dalam mengolah data
kuantitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Serial.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik suatu kesimpulan adanya
hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil
belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar
atau Ha diterima. Hal ini terbukti dari hasil rch = 0,520898 jauh lebih besar dari
rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,325 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,418.
Atau dapat ditulis persamaan 0,520898 > 0,325 (5%) > 0,418 (1%). |
id |
IOS7815.5511 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:07:22Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:07:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821906455330816 |
score |
17.538404 |