HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: NURJANAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5511/1/2013_2013208PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5511/
ctrlnum 5511
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/5511/</relation><title>HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH&#xD; DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH&#xD; MENENGAH PERTAMA NEGERI 4&#xD; TAPUNG KECAMATAN TAPUNG&#xD; KABUPATEN KAMPAR</title><creator>NURJANAH, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Perpustakaan adalah tempat siswa mencari informasi dengan membaca&#xD; buku yang relevan, tempat belajar dan membaca sehingga siswa dapat belajar&#xD; dengan mandiri, dan sebagai tempat diskusi yang aman, jauh dari keramaian dan&#xD; kebisingan. Perpustakaan sekolah dapat menunjang kelancaran proses belajar&#xD; mengajar sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dan hasil belajar siswa&#xD; dapat meningkat dengan keberadaan perpustakaan sekolah.&#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada sebagian siswa yang kurang&#xD; mengunjungi perpustakaan sekolah untuk membaca pada jam istirahat, masih ada&#xD; sebagian siswa yang jarang meminjam buku yang tersedia di perpustakaan, masih&#xD; ada sebagian guru yang kurang memberikan motivasi kepada anak untuk&#xD; memanfaatkan perpustakaan, dan masih ada sebagian hasil belajar siswa yang&#xD; belum mencapai ketuntasan secara klasikal khususnya pada mata pelajaran&#xD; Pendidikan Agama Islam.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan pemanfaatan&#xD; perpustakaan sekolah dengan hasil belajar di SMP Negeri 4 Tapung Kabupaten&#xD; Kampar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIa dan VIIIb&#xD; SMP Negeri 4 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah&#xD; 39. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 2 (dua) teknik&#xD; pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Dalam mengolah data&#xD; kuantitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Serial.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik suatu kesimpulan adanya&#xD; hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil&#xD; belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar&#xD; atau Ha diterima. Hal ini terbukti dari hasil rch = 0,520898 jauh lebih besar dari&#xD; rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,325 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,418.&#xD; Atau dapat ditulis persamaan 0,520898 &gt; 0,325 (5%) &gt; 0,418 (1%).</description><date>2012-06-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5511/1/2013_2013208PAI.pdf</identifier><identifier> NURJANAH, (2012) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>5511</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURJANAH,
title HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2012
topic 370 Pendidikan
url http://repository.uin-suska.ac.id/5511/1/2013_2013208PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5511/
contents Perpustakaan adalah tempat siswa mencari informasi dengan membaca buku yang relevan, tempat belajar dan membaca sehingga siswa dapat belajar dengan mandiri, dan sebagai tempat diskusi yang aman, jauh dari keramaian dan kebisingan. Perpustakaan sekolah dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan keberadaan perpustakaan sekolah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada sebagian siswa yang kurang mengunjungi perpustakaan sekolah untuk membaca pada jam istirahat, masih ada sebagian siswa yang jarang meminjam buku yang tersedia di perpustakaan, masih ada sebagian guru yang kurang memberikan motivasi kepada anak untuk memanfaatkan perpustakaan, dan masih ada sebagian hasil belajar siswa yang belum mencapai ketuntasan secara klasikal khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar di SMP Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIa dan VIIIb SMP Negeri 4 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah 39. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 2 (dua) teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Dalam mengolah data kuantitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Serial. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik suatu kesimpulan adanya hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tapung Kabupaten Kampar atau Ha diterima. Hal ini terbukti dari hasil rch = 0,520898 jauh lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,325 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,418. Atau dapat ditulis persamaan 0,520898 > 0,325 (5%) > 0,418 (1%).
id IOS7815.5511
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:07:22Z
last_indexed 2019-07-31T02:07:22Z
recordtype dc
_version_ 1674821906455330816
score 17.538404