PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN STRATEGI READING GUIDE DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 SINGKEP KABUPATEN LINGGA

Main Author: JAMILAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5501/1/2013_2013170PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5501/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri 018 Singkep Kabupaten Lingga dengan menggunakan strategi Reading Guide. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, salah satu usaha untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap setiap materi yang disajikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 018 Singkep Kabupaten Lingga, penulis melihat masih rendahnya hasil belajar siswa pada semester dan UAS berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan Reading Guide pemahaman siswa meningkat dilihat dari hasil belajar pada siklus I nilai ratarata 66 dan pada siklus II meningkat 74 dan pada siklus ke III rata-rata 93. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan starategi Reading Guidedapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Negeri 018 Singkep Kabupaten Lingga.