MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK BERWUDHU PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE DEMONSTRASI MURID KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 37 GAJAH SAKTI DURI

Main Author: MARYAM HARAHAP,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5478/1/2013_2013108PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5478/
Daftar Isi:
  • Masalah-masalah yang ditemui adalah Rendahnya tingkat kemampuan murid dalam berwudhu. Ketidakmampuan murid menyelesaikan syarat dan rukun wudhu. Murid kurang berani tampil di depan kelas. Kurangnya media pembelajaran sebagai pendukung dalam penyampaian materi. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan praktik berwudhu dengan metode demonstrasi bidang studi agama Islam murid kelas 2 SD Negeri 37 Gajah Sakti Duri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan di SD Negeri 37 Gajah Sakti Duri. Objek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 37 Gajah Sakti Duri kelas 2 dengan jumlah 43 orang. Data yang diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan kegiatan siswa selama melakukan kegiatan yang dianalisis dengan teknik persentase. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil rata-rata persentase meningkatkan kemampuan praktik shalat fardhu dapat dilihat sebelum tindakan: rendah, Siklus I cukup dan Siklus II cukup serta tinggi setelah siklus III. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi yaitu perolehan nilai rata-rata yang setiap siklusnya mengalami peningkatan. Siklus I (60%) ke siklus II(65%) dan siklus III(87%) mengalami peningkatan. Penggunaan metode pembelajaran secara tepat mampu memicu keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya