PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNINGTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONSPADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAKDI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERIDALU-DALU KABUPATEN ROKAN HULU
Main Author: | UMMIANA HERMITA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5454/1/2013_201331PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5454/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinidilakukanuntukmenjawaperumusanmasalahyaitubagaimana PenggunaanStrategiKooperative Learning TipeSTADpada Mata PelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu- DaluKabupatenRokanHuludanapa factor yang mempengaruhinya. Populasidalampenelitianiniadalahseluruh guru matapelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu-DaluKabupatenRokanHulu yang berjumlah 3 orang, karenapopulasisedikitmakapenulismenggunakantekniksampeljenuhatausensusdim anaseluruhpopulasimenjadisampel.Subjekdalampenelitianiniadalah guru matapelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu-Dalu, sedangkanobjeknyaadalahPenggunaanStrategiKooperative Learning Tipe STAD pada Mata PelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu- DaluKabupatenRokanHuluolehguru.Untukmengumpulkan data penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Setelah data terkumpulmakadianalisadenganrumuspersentase, karenapenelitianiniadalapenelitiandeskriftif. Setelahpenulissajikandanpenulisanalisa, makadapatdisimpulkanbahwaPenggunaanStrategiKooperative Learning Tipe STAD pada Mata PelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu- DaluKabupatenRokanHulutergolong “cukup”denganpersentase73.33%, hasilinitermasukkedalamkategoricukupdenganrentang 56-75%. Adapunfaktorfaktor yang mempengaruhinyaadalahlatarbelakangpendidikan guru yang bukanberasaldarikeguruan, sehingga guru bidangstudikurangmemahamipenggunaanstrategidanpenggunaanmedia.Faktor lain adalahtidakadanyakerjasamaantara guru bidangstudiAqidahAkhlak, sehingga guru bidangstudisangatjarangbertukarpendapatmengenaistrategiterbaru. Faktorterakhiradalahketerampilan guru dalammenggunakan media sangatminim.Halinijugadisebabkandarilatarbelakangpendidikan guru.