PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DALAM MEMATUHI PERATURAN SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH DESA SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA

Main Author: Ari Wibowo,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/54/1/2010_2011301.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/54/
Daftar Isi:
  • Disiplin adalah suatu keadaan tertib dimana orang-orang tergabung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang ada dengan rasa senang hati. Dalam dunia pendidikan disiplin merupakan salah satu alat pendidikan yang bersifat preventif (pencegah), maksudnya adalah untuk menjaga hal-hal yang dapat mengganggu atau mengahambat kelancaran pendidikan. Untuk mewujudkan suasana disiplin pada suatu sekolah diperlukan adanya peraturan atau tata tertib yang mengatur jalannya pendidikan di sekolah tersebut. Sebab, tanpa tata tertib tidak mungkin disiplin dapat diwujudkan. Adapun permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan disiplin guru terhadap kedisiplinan siswa dalam mematuhi peraturan sekolah di Madrasah Tsanawiyah Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Sedangkan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif yang signifikan disiplin guru terhadap kedisiplinan siswa dalam mematuhi peraturan sekolah, maka data yang telah ada akan dianalisis dengan regresi linier. Setelah penulis melaksanakan penelitian di lapangan untuk menjawab permasalahan tersebut, ternyata Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori rendah, yaitu 0,130 dan Koefisien Determinasi (R Square) adalah 0,017. Kontribusi disiplin guru terhadap kedisiplinan siswa dalam mematuhi peraturan sekolah di Madrasah Tsanawiyah Desa Sawah adalah sebesar 0,17.% selebihnya ditentukan oleh variabel lain.