PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPARATIVE LEARNINGTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Tabrani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5395/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5395/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5395/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5395/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5395/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5395/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5395/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5395/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Student teams achivement division terhadap sikap belajar siswa MTs pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah darel hikmah pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 52 siswa,sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learnin g tipe student teams achivement division terhadap sikap belajar siswa MTs pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah darel hikmah pekanbaru. Tekhnik pengambilan data menggunakan dokumentasi, observasi dan Angket. Angket dipergunakan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan perilaku belajar siswa yang signifikan melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe s tudent teams achivement division jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa model pembelajaran cooperative learning tipe student teams achivement division. Selanjutnya Angket dianalis dengan menggunakan tes’t’. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis to≥tt atau 10.13 ≥ 2,01 maka diputuskan hipotesis (Ha) diterima dan (H0) ditolak, diperoleh kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe student teams achivement division dapat meningkatkan perbedaan sikap belajar siswa yang lebih baik pada pokok bahasan makanam halal dan haramjika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa model pembelajaran cooperative learning tipe student teams achivement division.