PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE IKHTISAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 42 PEKANBARU KECAMATAN MARPOYAN DAMAI
Main Author: | Misdayati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5386/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5386/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5386/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5386/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5386/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5386/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5386/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5386/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar sains melalui penerapan strategi aktif tipe ikhtisar murid untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 42 Pekanbaru Kecamatan Marpoyan Damai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah '' Apakah penerapan strategi aktif tipe ikhtisar murid dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 42 Pekanbaru Kecamatan Marpoyan Damai?''. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 42 Pekanbaru Kecamatan Marpoyan Damai yang berjmlah 40 orang tahun ajaran 2013-2014, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi aktif tipe ikhtisar murid dan hasil belajar sains. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar observer aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan strategi aktif tipe ikhtisar murid dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesikan pembelajaran satu siklus. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus. Pada siklus 1 terjadi peningkatan hasil belajar sains siswa dengan nilai rata-rata 73,75 dan ketuntasan secara klasikal yaitu 67,50 %, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat dan telah mencapai nilai rata- rata 80,37 dan ketuntasan secara klasikal yaitu 82,50 %. Data ini menunjukkan bahwa penerapan strategi aktif tipe ikhtisar murid dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 42 Pekanbaru Kecamatan Marpoyan Damai, artinya apabila diterapkan strategi aktif tipe ikhtisar murid secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.