PENERAPAN PERMAINAN “JELASKAN KATA ITU” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026 SIMPANG KARE KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Sandi Satrio, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/ |
ctrlnum |
5385 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/</relation><title>PENERAPAN PERMAINAN “JELASKAN KATA ITU” UNTUK
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026
SIMPANG KARE KECAMATAN KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Sandi Satrio, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan “jelaskan kata itu”
dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas
V Sekolah Dasar Negeri Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Dalam
penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah dengan Penerapan Permainan “jelaskan kata
itu” dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
SosialKelas V Sekolah Dasar Negeri 026Simapang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten
Kampar?”.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan
yang dilalui dalam PTK, yaitu : 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3)
observasi, dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah
Dasar Negeri 026Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya
adalah Penerapan Permainan “jelaskan kata itu” dan Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun jumlah siswa dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya peningkatan aktivitas belajar
siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil ini dapat dilihat dari rata-rata
persentase aktivitas belajar siswa yaitu sebelum tindakan hanya 48,83% Pada siklus I aktivitas
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial hanya mencapai rata-rata persentase
58,21% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup” karena berada pada rentang 41% - 60%.
Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,25% atau aktivitas belajar siswa tergolong
“Sangat Kuat” karena berada pada rentang 81% - 100%. Artinya keberhasilan siswa telah
mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan
Permainan “jelaskan kata itu” dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosialkelas V Sekolah Dasar Negeri 026 Simpang Kare Kecamatan Kampar
Kabupaten Kampar.</description><date>2014-06-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/7/EM.pdf</identifier><identifier> Sandi Satrio, (2014) PENERAPAN PERMAINAN “JELASKAN KATA ITU” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026 SIMPANG KARE KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>5385</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sandi Satrio, |
title |
PENERAPAN PERMAINAN “JELASKAN KATA ITU” UNTUK
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026
SIMPANG KARE KECAMATAN KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2014 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5385/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan “jelaskan kata itu”
dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas
V Sekolah Dasar Negeri Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Dalam
penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah dengan Penerapan Permainan “jelaskan kata
itu” dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
SosialKelas V Sekolah Dasar Negeri 026Simapang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten
Kampar?”.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan
yang dilalui dalam PTK, yaitu : 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3)
observasi, dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah
Dasar Negeri 026Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya
adalah Penerapan Permainan “jelaskan kata itu” dan Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun jumlah siswa dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya peningkatan aktivitas belajar
siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil ini dapat dilihat dari rata-rata
persentase aktivitas belajar siswa yaitu sebelum tindakan hanya 48,83% Pada siklus I aktivitas
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial hanya mencapai rata-rata persentase
58,21% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup” karena berada pada rentang 41% - 60%.
Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,25% atau aktivitas belajar siswa tergolong
“Sangat Kuat” karena berada pada rentang 81% - 100%. Artinya keberhasilan siswa telah
mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan
Permainan “jelaskan kata itu” dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosialkelas V Sekolah Dasar Negeri 026 Simpang Kare Kecamatan Kampar
Kabupaten Kampar. |
id |
IOS7815.5385 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:07:20Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:07:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821905420386304 |
score |
17.538404 |