PENERAPAN PERMAINAN “JELASKAN KATA ITU” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026 SIMPANG KARE KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Sandi Satrio,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5385/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/
ctrlnum 5385
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/</relation><title>PENERAPAN PERMAINAN &#x201C;JELASKAN KATA ITU&#x201D; UNTUK&#xD; MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA&#xD; MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL&#xD; (IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026&#xD; SIMPANG KARE KECAMATAN KAMPAR&#xD; KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Sandi Satrio, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan &#x201C;jelaskan kata itu&#x201D;&#xD; dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas&#xD; V Sekolah Dasar Negeri Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Dalam&#xD; penelitian ini rumusan masalahnya adalah &#x201C;Apakah dengan Penerapan Permainan &#x201C;jelaskan kata&#xD; itu&#x201D; dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan&#xD; SosialKelas V Sekolah Dasar Negeri 026Simapang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten&#xD; Kampar?&#x201D;.&#xD; Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan&#xD; yang dilalui dalam PTK, yaitu : 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3)&#xD; observasi, dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah&#xD; Dasar Negeri 026Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya&#xD; adalah Penerapan Permainan &#x201C;jelaskan kata itu&#x201D; dan Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran&#xD; Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun jumlah siswa dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya peningkatan aktivitas belajar&#xD; siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil ini dapat dilihat dari rata-rata&#xD; persentase aktivitas belajar siswa yaitu sebelum tindakan hanya 48,83% Pada siklus I aktivitas&#xD; belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial hanya mencapai rata-rata persentase&#xD; 58,21% atau aktivitas belajar siswa tergolong &#x201C;Cukup&#x201D; karena berada pada rentang 41% - 60%.&#xD; Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,25% atau aktivitas belajar siswa tergolong&#xD; &#x201C;Sangat Kuat&#x201D; karena berada pada rentang 81% - 100%. Artinya keberhasilan siswa telah&#xD; mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan&#xD; Permainan &#x201C;jelaskan kata itu&#x201D; dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran&#xD; Ilmu Pengetahuan Sosialkelas V Sekolah Dasar Negeri 026 Simpang Kare Kecamatan Kampar&#xD; Kabupaten Kampar.</description><date>2014-06-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5385/7/EM.pdf</identifier><identifier> Sandi Satrio, (2014) PENERAPAN PERMAINAN &#x201C;JELASKAN KATA ITU&#x201D; UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026 SIMPANG KARE KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>5385</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sandi Satrio,
title PENERAPAN PERMAINAN “JELASKAN KATA ITU” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 026 SIMPANG KARE KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2014
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/5385/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5385/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan “jelaskan kata itu” dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah dengan Penerapan Permainan “jelaskan kata itu” dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan SosialKelas V Sekolah Dasar Negeri 026Simapang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu : 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 026Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah Penerapan Permainan “jelaskan kata itu” dan Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun jumlah siswa dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa yaitu sebelum tindakan hanya 48,83% Pada siklus I aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial hanya mencapai rata-rata persentase 58,21% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup” karena berada pada rentang 41% - 60%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,25% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Sangat Kuat” karena berada pada rentang 81% - 100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan Permainan “jelaskan kata itu” dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosialkelas V Sekolah Dasar Negeri 026 Simpang Kare Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
id IOS7815.5385
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:07:20Z
last_indexed 2019-07-31T02:07:20Z
recordtype dc
_version_ 1674821905420386304
score 17.538404