Daftar Isi:
  • Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa bertujuan membentuk kepribadian yang didalamnya terjalin nilai-nilai keimanan. Nilai yang tetap dan tidak berubah adalah nilai-nilai agama Islam karena Agama Islam absolut dan tetap berlaku sepanjang masa tidak dipengaruhi waktu, tempat dan keadaan. Hal ini yang harus ditanamkan kepada peserta didik untuk menghadapi kehidupan yang akan datang. Dengan tujuan tidak mudah dipengaruhi oleh berbagai problema kemajuan zaman. Sehingga setiap peserta didik melakukan sesuatu mereka bisa standarkan sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang urgensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sungai Mandau Kecamatan Sungai Mandau kabupaten Siak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi tentang urgensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi siswa tentang urgensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 55 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang urgensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Sungai Mandau Kecamatan Sungai Mandau kabupaten Siak. Adapun teknik pengumpulan data adalah angket dan wawancara. Teknik data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Setelah dilakukan analisis data maka dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi siswa tentang urgensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sungai Mandau Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak tergolong positif. Positifnya persepsi siswa tentang urgensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di pengaruhi beberapa faktor yaitu, faktor motivasi yang dari orang tua, faktor lingkungan, faktor media pembelajaran, faktor latar belakang pendidikan guru dan faktor pengalaman mengajar guru.