MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN KISAH NABI ISA AS MELALUI STRATEGI ”BELAJAR BERAWAL DARI PERTANYAAN” DI KELAS V SDN 003 SEI EMAS KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU

Main Author: Khaidir,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/53/1/2010_2011300.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/53/
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, diajarkan tentang kisah-kisah para Nabi dan Para Rasul Allah, tujuannya agar siswa dapat mengenal para utusan Allah itu dan dapat mencontoh kehidupannya dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan hal itu, guru agama diharuskan menyampaikan materi pelajaran kisah tersebut, termasuk diantaranya kisah Nabi Isa AS. Di kelas V SDN 003 Sei Emas Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu, Guru agama telah melakukan kegiatan pembelajaran kisah nabi Isa AS antara lain guru telah mengajar sesuai dengan kurikulum, guru agama telah mengajar dengan metode yang bervariasi, guru agama telah mengajar dengan memberikan semangat kepada siswa seperti memuji jawaban siswa, Namun demikian masih dijumpai gejala-gejala seperti sebagian siswa menunjukan sikap acuh tak acuh dalam belajar, sebagian siswa tidak mau menjawab pertanyaan guru, sebagian siswa ada yang berbicara sewaktu berlangsungnya proses pembelajaran, sebagian siswa ada yang bermain sewaktu proses pembelajaran. sebagian siswa keluar masuk sewaktu berlangsungnya proses pembelajaran. Berdasarkan analisa penulis sementara, bahwa gejala-gejala tersebut di atas, terjadi karena kurangnya kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan strategi pembelajaran, sehingga kurang menarik perhatian dan aktivitas siswa. Berdasarkan gejala-gejala tersebut, penulis ingin menelitinya dengan judul: ”Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran kisah Nabi Isa AS Melalui Strategi Belajar Berawal dari Pertanyaan di Kelas V SDN 003 Sei Emas Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu.”Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Strategi Belajar Berawal dari Pertanyaan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran kisah Nabi Isa AS di Kelas V SDN 003 Sei Emas Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas, dimana penulis berkolaborasi atau bekerjasama dengan guru yang lain dalam melaksanakan pembelajaran atau tindakan di dalam kelas dengan menggunakan strategi belajar berawal dari pertanyaan. Strategi Belajar Berawal dari Pertanyaan adalah strategi dengan menstimulir (mendorong) siswa untuk menyelidiki atau mempelajari sendiri materi pelajarannya, tanpa penjelasan terlebih dahulu dari guru, Strategi sederhana ini menstimulasi pengajuan pertanyaan yang mana merupakan kunci belajar. Strategi ini akan dapat menciptakan kondisi belajar siswa secara aktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Murid yang aktif dalam pembelajaran kisah Nabi Isa As di kelas V SDN 003 Sei Emas Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu, lebih sedikit dibandingkan dengan murid yang aktif dalam belajar, sebelum tindakan dilakukan dengan strategi belajar berawal dari pertanyaan, yaitu 47% yang berarti kurang baik. Murid yang aktif dalam pembelajaran kisah Nabi Isa As di kelas V SDN 003 Sei Emas Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu, lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan murid yang tidak aktif dalam belajar, setelah tindakan dilakukan dengan strategi belajar berawal dari pertanyaan yaitu 73% yang berarti baik