PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE JIGSAW II PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

Main Author: Wdn Hanisaputri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5281/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5281/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5281/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5281/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5281/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5281/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5281/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5281/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada penggunaan model pembelajaran Kooperatif antara tipe Student Team Achievement Division(STAD) dan tipe Jigsaw II pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam As-Shofa Pekanbaru”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPI As-Shofa Pekanbaru. Sedangkan objek penelitiannya adalah perbedaan motivasi belajar siswa pada penggunaan model pembelajaran kooperatif antara tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan tipe Jigsaw II. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 184 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan jumlah sampel 52 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan Tes “t”. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada penggunaan model pembelajaran Kooperatif antara tipe Student Team Achievement Division(STAD) dan tipe Jigsaw II pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPI As-Shofa Pekanbaru. Dengan thitung = 3,613 lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% = 2,01 maupun taraf signifikan 1% = 2,68. Jadi, ttabel 5% < thitung > ttabel 1% (2,01 < 3,613 > 2,68).