Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik delegasi untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “apakah penerapan teknik delegasi dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah Penerapan Teknik Delegasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Adapun jumlah siswa dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil ini dapat dilihat dari persentase keberhasilan belajar siswa yaitu sebelum tindakan hanya 21 siswa yang tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 45,65%, siklus I meningkat sebanyak 30 siswa yang tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 65,22%, dan siklus II sebanyak 37 siswa yang tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 80,43%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan teknik delegasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru.