TANGGAPAN GURU TERHADAP LAYANAN ORIENTASI SISWA BARU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 KOTA PEKANBARU
Main Author: | Nurmansyah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/526/1/2011_2011854-.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/526/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tanggapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru di SMP Negeri 25 Pekanbaru. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru di SMP Negeri 25 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 71 orang guru. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah tanggapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru di SMP Negeri 25 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan agket dan wawancara. Selanjutnya data dianalisa dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tanggapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru di sekolah menengah pertama negeri 25 pekanbaru dikategorikan “Baik”, dengan peroleh angka persentase jawaban “Ya” sebanyak 78%. Sedangkan jawaban “Tidak” sebanyak 62%. Hal ini sesuai dengan standar yang penulis tetapkan 76%-100% dikategorikan “Baik” Faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru di SMP Negeri 25 Pekanbaru adalah: (1) Perhatian guru terhadap layanan orientasi siswa baru, (2) Harapan guru terhadap layanan orientasi siswa baru, (3) Penilaian guru terhadap layanan orientasi siswa baru, (4) Keikutsertaan guru terhadap layanan orientasi siswa baru Temuan tetang tanggapan guru mata pelajaran terhadap layanan orientasi siswa baru di SMP Negeri 25 Pekanbaru adalah: (1) Bentuk kerjasama antara guru mata pelajaran dengan guru pembimbing yang belum maksimal, (2) Keikutsertaan guru mata pelajaran dalam pelaksanaan layanan orientasi siswa baru belum maksimal