IMPLEMENTASI STRATEGI FORMASI REGU TEMBAK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 002 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Nurhayalis,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5253/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5253/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5253/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5253/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5253/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5253/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5253/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5253/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Sumber daya alam kita Siswa Kelas IV SDN 002 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar tahun 2013-2014 dengan jumlah siswa 27 orang Melalui Implementasi Strategi Formasi Regu Tembak, penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan Implementasi strategi Formasi Regu Tembak. Agar penselitian ini berhasil dengan baik dan tanpa ada hambatan, peneliti menyusun tahapan yang dilalui dengan penelitian tindakan kelas.Tahapannya yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SDN 002 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar pada materi sumber daya alam kita.Pada sebelum tindakan hanya mencapai KKM 13 orang (48,14%) siswa yang tuntas sedangkan 14 orang (51,85%) siswa yang belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan pada siklus I ketuntasan siswa meningkat manjadi 16 orang (59,25%) siswa yang tuntas, sedangkan 11 orang (40,74%) siswa yang belum tuntas, kemudian dilanjutkan pada siklus ke II ketuntasan siswa meningkat menjadi 19 orang (70,37%) siswa yang tuntas sedangkan 8 orang (25,62%) siswa yang belum tuntas, kemudian dilanjutkan pada siklus ke III ketuntasan siswa telah melebihi 70% yaitu dengan ketuntasan sebesar 92% atau sekitar 26 orang siswa yang telah mencapai KKM yang telah di tetapkan 70. Kelemahan-kelemahan melalui strategi Formasi Regu Tembak pada siklus I tersebut, setelah di perbaiki pada siklus ke II dan dilanjutkan di perbaiki pada siklus ke III telah mencapai tingkat tinggi melalui perbaikan proses pembelajaran pada siklus ke III tersebut, hasil belajar siswa mencapai Kriteria sangat sempurna, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 92%