PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN BALOK GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 PULAU KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Putri Dwi Rama,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5249/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5249/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5249/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5249/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5249/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5249/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5249/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5249/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau, diketahui terdapat gejala-gejala yang terjadi pada siswa kelas V yaitu rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat pada nilai Matematika siswa masih rendah dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Melihat kenyataan dilapangan penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung dengan Menggunakan Balok Garis Bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui Model Pembelajaran Langsung dengan Menggunakan Balok Garis Bilangan pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar dengan siswa sebanyak 24 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Menggunakan Balok Garis Bilangan. Dari hasil penelitian, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa di kelas sebelum tindakan adalah 45,83% dengan nilai rata-rata 60,41, pada siklus I diketahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa berada pada persentase 62,5% dari keseluruhan siswa, dengan nilai rata-rata 66,67, dan belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dengan persentase 87,5% dari keseluruhan siswa, dengan nilai rata-rata 75. Dengan demikian secara keseluruhan hasil belajar siswa kelas V terjadi peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran langsung dengan menggunakan balok garis bilangan ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.