PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN AMPLOP BERHADIAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KECAMATAN SENAPELAN KOTA PEKANBARU
Main Author: | Syarifah Aini, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5247/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5247/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5247/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5247/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5247/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5247/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5247/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5247/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas III SDN 3 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru, terdapat masalah dalam proses pembelajaran matematika. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi permainan amplop berhadiah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 3 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi amplop berhadiah yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN 3 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN 3 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru pada tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah guru 1 orang dan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi permainan amplop berhadiah yang akan diterapkan pada mata pelajaran matematika di SDN 3 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari penyajian dan analisis data, maka dapat disimpulkan hasil penelitian berdasarkan hasil observasi, hasil belajar siswa sebelum tindan mengalami peningkatan dimana persentase ketuntasan hasil belajar siswa yakni berada pada angka 47%. Setelah dilaksanakan tindakan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I mencapai 55,88%. Kemudian pada pertemuan 2 hasil belajar siswa meningkat menjadi 64,70%. Pada siklus II pertemuan I hasil belajar siswa sudah mencapai 70,58%. Kemudian pada pertemuan 2 hasil belajar siswa mencapai 85,29%. Hasil ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi permainan amplop berhadiah pada mata pelajaran matematika kelas III SDN 3 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru sudah dikatakan meningkat.