PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN MELEMPAR ANGKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PEKANBARU
Main Author: | Veradila Prori, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5241/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5241/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5241/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5241/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5241/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5241/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5241/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5241/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas II SD Negeri 3 Pekanbaru, terdapat masalah dalam proses pembelajaran matematika. Sehingga berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi permainan melempar angka untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 3 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi permainan melempar angka yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SD Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan pengukuran proses belajar siswa, dokumentasi, wawancara dan lembar observasi. Prosedur penelitian model siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi permainan melempar angka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari prasiklus, ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dari hasil analisis data pada prasiklus, siklus I dan siklus II sebagai berikut: pada prasiklus diperoleh 51,9%. Pada siklus I diperoleh rata-rata 66,6%. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata rata 84,05% terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan kategori sangat sempurna. Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi permainan melempar angka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SD Negeri 3 Pekanbaru tahun pelajaran 2013-2014.