PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU
Main Author: | Sagita Suryade, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5232/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5232/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5232/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5232/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5232/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5232/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5232/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5232/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu konsep diri (variabel bebas/independen atau variabel X) dan prestasi belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI IPS dan XII IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu, sedangkan objeknya adalah konsep diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI IPS dan XII IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu yang berjumlah 543 orang, karena jumlah populasi terlalu banyak maka penulis mengambil sampel sebanyak 84 orang. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan korelasi product moment, serta penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu, dengan kontribusi konsep diri terhadap prestasi belajar adalah 0,587 x 100% = 58,7% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Di mana ro (observasi) = 0,766, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,217 < 0,766 > 0,283, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.