PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PERAWANG BARAT KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Main Author: Fitrikha,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5221/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5221/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5221/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5221/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5221/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5221/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5221/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5221/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif dapat meningkatkan keaktif an belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang yang terbagi atas 11 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil kelas inidengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, penelti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam peneltian tindakan kelas, yaitu:1) perencanaan/persiapan 2) pelaksanakan tindakan 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 42.30% setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa kelas V pada siklus pertama rata-rata mencapai 56.90% tergolong “cukup” karena 56.90% berada pada rentang 41%-60% Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rata-rata persentase 86.10% tergolong “Sangat Kuat” karena 86.10% berada pada rentang 81%-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II 29.20%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak