PENGARUH PENDIDIKAN, PENGALAMAN, PELATIHAN, DAN TINDAKAN SUPERVISI TERHADAP PROFESIONALISME AUDITOR (STUDI EMPIRIS PADA KAP DI PEKANBARU)
Main Author: | RESI KARNIADI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5216/1/2013_2013301AKN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5216/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data empiris mengenai apakah Pendidikan, Pengalaman, Pelatihan , Dan Tindakan Supervisi berpengaruh terhadap Profesionalisme Auditor. Data diperoleh dengan menggunakan teknik Cross Section Data, yaitu data yang dikumpul kan pada satu waktu yang dikumpulkan dengan metode kuesioner. Data yang diolah sebanyak 34 responden dari 40 kuesioner yang telah disebarkan. Kuesioner didesain untuk memperoleh data terhadap 5 variabel penelitian yaitu :Pendidikan, Pengalaman, Pelatihan, Tindakan Supervisi dan Profesionalisme Auditor. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regrsesi linear berganda. Untuk menguji hipotesis dan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan uji t dan uji f, dan untuk mengetahui kontribusi pengaruh dari semua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat dilakukan dengan uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil penelitian ini bahwa, (1) Pendidikan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme auditor, (2)Pengalaman berpengaruh secara siginifikan terhadap profesionalisme auditor, (3) Pelatihan berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme auditor, namun Tindakan supervis tidak bepengaruh terhadap profesionalisme auditor. Diperoleh nilai R2 (R Square) sebesar 0,913 atau 91,3%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (pendidikan, pengalaman, pelatihan dan tindakan supervisi) terhadap variabel dependen (profesionalisme auditor) sebesar 91,3%. Sedangkan sisanya sebesar 8,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.