PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SINABOI KABUPATEN ROKAN HILIR
Main Author: | Saydatur Robithoh, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5210/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5210/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5210/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5210/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5210/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5210/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5210/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5210/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok dan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada Perbedaan yang Signifikan Antara Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Metode Kerja Kelompok dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir?” Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 51 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS3 dan XI IPS4 yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji Bartlett. Objek penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode kerja kelompok dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Adapun populasi dalam penelitian ini terdiri dari lima kelas. Mengingat hanya dua kelas yang akan dijadikan sampel maka peneliti melakukan penarikan sampel dengan teknik Random Sampling setelah diketahui homogennya dari kelima kelas tersebut dengan cara uji homogenitas metode Barlett. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus tes “t”. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok dan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Di mana t hitung = 3,61 yang berarti lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% = 2,02 maupun pada taraf signifikan 1% = 2, 69 = (2,02 < 3,61 > 2,69). Di mana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok. Dengan perbandingan standar deviasi hasil belajar dengan menggunakan metode kerja kelompok = 8,435 dan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi = 8,955.