HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN PERILAKU SISWA DALAM MENGIKUTI KONSELING INDIVIDUAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Budi Hardi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/521/1/2011_2011839-.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/521/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi siswa (2) mengetahui perilaku siswa mengikuti layanan konseling individual (3) mengetahui hubungan motivasi siswa dengan perilaku daalm mengikuti layanan konseling individual di SekolahMenengahAtasNegeri 1 Kecamatan XIII Koto Kampar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 orang siswa kelas X dan XI dan sampel diambil sebanyak 80 orang siswa yang pernah mengikuti layanan konseling individual. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan Angket dan Dokumentasi. Data diolah denganTeknik korelasi dengan menggunakan program SPSS for windows versi 16.0 dan keterkaitannya di analisis menggunakan Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian Motivasi siswa mengikuti layanan konseling individual sebanyak (70%) yang berada pada tingkat sedang. Hanya sedikit(14%) yang keinginan untuk konseling individualnya tinggi. Bahkan terdapat (16%) yang keinginannya rendah. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan tingkat perilaku dalam mengikuti konseling banyak yang di kategorikan sedang (51%), hanya sedikit (25%) yang baik perilakunya, bahkan sebanyak ada (24%) yang kurang baik perilaku siswa ketika konseling. Temuan penelitian mengungkap terdapat keterkaitan/korelasi antara motivasi (keinginan) siswa dengan perilaku siswa dalam mengikuti layanan konseling individual pada taraf signifikan frekuensi 0,612. Artinya semakin tinggi motivasi (keinginan) siswa maka semakin baik pula perilaku siswa dalam mengikuti layanan konseling individual.