ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ROKAN HULU DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

Main Author: IIS BIYATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5207/1/2013_2013285AKN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5207/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan pada instansi Pemerintah yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Rokan Hulu yang dilaksanakan pada awal Januari sampai Mei 2013. Dengan perumusan masalah bagaimana kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Rokan Hulu diukur berdasarkan pendekatan Balanced Scorecard. Balanced Scorecard yang mencakup empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif customer, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan dan pasien rawat inap rumah sakit umum daerah Rokan Hulu, yang pengambilan sampelnya menggunakan teori solvin. Maka didapat sampel untuk karyawan sejumlah 88 orang, dan pasien rawat inapnya 124 orang. Pada perspektif keuangan digunakan data keuangan yaitu realisasi anggaran tahun anggaran 2011 dan 2012, sedangkan untuk perspektif nonkeuangan diukur dengan menyebarkan kuesioner yang berhubungan dengan Perpektif customer, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Data keuangan dianalisis dengan analisis Varian dan teknik rentang kriteria, sedangkan data non keuangan dianalisis menggunakan teknik rentang kriteria. Hasil pengukuran kinerja RSUD Rokan Hulu kinerja keuangan RSUD Rokan Hulu menggunakan Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dengan item belanja, yaitu realisasi anggaran belanja tidak langsung adalah biasa saja, realisasi anggaraan operasional adalah sangat baik, dan realisasi anggaran belanja langsung adalah sangat baik. Kinerja Customer RSUD Rokan Hulu dengan indikator tingkat kepuasan pelanggan adalah cukup baik, tingkat retensi pelanggan adalah cukup baik, dan tingkat akuisisi pelanggan adalah cukup baik. Kinerja proses bisnis internal RSUD Rokan Hulu dengan indikator proses operasional adalah baik,dan tingkat inovasi adalah tidak baik. Kinerja pertumbuhan dan pembelajaran dengan indikator kapabilitas pekerja adalah baik, kapabilitas sistem informasi adalah baik, dan motivasi, pemberdayaan, dan kesadaran adalah baik