MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PASANGAN DALAM PRAKTIK PENGULANGAN DI KELAS IV A SEKOLAH DASARNEGERI 181 PEKANBARU

Main Author: Atik Ifah Afrizaeni,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5203/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5203/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5203/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5203/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5203/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5203/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5203/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5203/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe pasangan dalam praktik pengulangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi pembelajaran aktif tipe pasangan dalam praktik pengulangan di kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV A dengan jumlah siswa sebanyak 45 orang yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe pasangan dalam praktik pengulangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata presentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Setelah melaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 48,88% atau 22 siswa yang tuntas. Pada siklus I siswa yang tuntas menjadi 13 orang siswa atau ketuntasan mencapai 77,77%. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat mencapai 15 orang siswa atau dengan presentase 82,22%. Dengan demikian dapat tarik kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe pasangan dalam praktik pengulangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru.