Daftar Isi:
  • Penelitian ini memfokuskan pada peranan guru pembimbing dalam menangani siswa yang hiperaktif dan faktor penghambat guru pembimbing dalam menangani siswa yang hiperaktif di SMP Negeri 3 Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru Pembimbing di SMP Negeri 3 Pangean, dan sebagai data pendukung adalah Orang tua dan Wali kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Dari data yang penulis kumpulkan dapat disimpulkan bahwa peranan guru pembimbing dalam menangani siswa yang hiperaktif adalah sebagai berikut: (1) guru pembimbing melaksanakan layanan konseling individual. (2)Guru pembimbing melakukan kerjasama dengan wali kelas dan orang tua. Dan faktor penghambat guru pembimbing dalam menangani siswa yang hiperaktif yaitu: (1) Keterbatasan waktu dan fasilitas yang diberikan sekolah. (2)Siswa sulit untuk terbuka.