STRATEGI GURU PEMBIMBING MENGATASI KEPERCAYAAN SISWA PADA RAMALAN BINTANG DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 PEKANBARU
Main Author: | Atika, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5168/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5168/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5168/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5168/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5168/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5168/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5168/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5168/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahuai: (1) strategi guru pembimbing mengatasi kepercayaan siswa pada ramalan bintang di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru. (2) faktor yang mendukung dan menghambat strategi guru pembimbing mengatasi kepercayaan siswa pada ramalan bintang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pembimbing. Sedangkan objeknya adalah Startegi Mengatasi Kepercayaan Siswa pada Ramalan Bintang di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 5 orang guru pembimbing, Peneliti menggunakan Total Sampling (semua populasi dijadikan sampel). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah: Observasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru pembimbing dalam mengatasi kepercayaan siswa pada ramalan bintang adalah (1) Guru pembimbing menginformasikan kepada siswa tentang bahayanya mempercayai ramalan bintan (2) Guru pembimbing merubah pemikiran siswa tentang bahayanya ramalan bintang agar siswa memiliki nilai/norma yang baik. (3) Guru pembimbing menyakinkan siswa untuk tidak mempercayai ramalan bintang. (4) Guru pembimbing mengelola aktivitas pelayanan yang baik guna membantu perkembangan intelektual siswa kembali lagi kearah yang positif. (5) Guru pembimbing mengelola aktivitas pelayanan yang baik untuk membantu perkembangan sosial siswa atas tindakannya yang tidak rassional (6) Guru pembimbing mengelola aktivitas pelayanan yang baik untuk membantu menstabilkan emosi siswa karah yang positif. Faktor yang mendukung adalah (1) Keseriusan guru pembimbing dalam menjalankan strategi. (2) Kerjasama yang solid sesama konselor sekolah. (3) Tanggung jawab guru pembimbing terhadapat terentasnya masalah siswa. (4)Kepedulian guru pembimbing kepada siswa yang mempercayai ramalan bintang. (5) Dukungan komponen sekolah terhadap strategi yang telah dirancang, dan faktor penghambat (1) Siswa yang kurang memahami tentang ramalan bintang. (2) Siswa tidak mau secara terbuka menceritakan permasalahan dirinya yang berkaitan dengan kepercayaannya terhadap ramalan bintang.