PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENGATASI KEBIASAAN SISWA MEROKOK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Lia Marliana, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5166/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5166/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5166/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5166/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5166/7/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5166/5/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5166/6/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5166/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaa layanan konseling individual dalam mengatasi kebiasaan (prilaku) merokok siswa di Sekolah menengah atas negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dan (2) Mengetahui Prilaku merokok siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. JVnis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing dan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah pelaksanaan layanan konseling individual dalam mengatasi kebiasaan (prilaku) merokok siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian 2 orang guru pembimbing yang telah melaksanaan layanan konseling individual kepada siswa yang merokok, dan 60 siswa yang mengikuti konseling individual, setelah dilakukan pengambilan sampel 50% dengan cara purposive sampling (pengambilan sampel bertujuan) maka didapatlah sampel sebanyak 30 siswa, 2 orang guru pembimbing. Untuk pengumpulan data digunakan wawancara dan angket, data wawancara dipaparkan dengan teknik deskriptif, yaitu teknik menggambarkan fenomena yang diperoleh- dengan apa adanya, kemudian diklasifikasikan dan digambarkan dengan kalimat dan data angket dianalisis dengan persentase yang kemudian disimpulkan secara deskriptif kuantitatif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling individual dalam mengatasi kebiasaan (prilaku) merokok siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar telah terlaksana dengan baik yaitu: mengidentifikasi masalah siswa, mernanggil siswa yang kedapatan merokok, menerima secara positif dan memberikan penghargaan, melaksanakan tahap-tahap konseling, melakukan teknik-teknik konseling, melaksanakan evaluasi, menganalisis basil evaluasi dan melakukan laporan konseling individual . Dari data angket dapat diketahui bahwa prilaku merokok siswa di SMAN 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar masih dalam kategori "tinggi". Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase yang peneliti ambil ketika melakukan penelitian terhadap siswa SMAN 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang pernah mengikuti layanan konseling individual persentasenya adalah 61 % yang terletak pada 61-80% dengan kategori tinggi.