PENERAPAN STRATEGI MEMPRAKTIKKAN MATERI YANG DIAJARKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Devi Lestari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5164/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5164/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5164/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5164/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5164/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5164/7/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5164/6/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5164/ |
Daftar Isi:
- Di Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, Pada pembelajaran sains guru cendrung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Hal ini berdampak pada minat belajar siswa menjadi rendah. Gejalanya dapat dilihat pada beberapa hal, diantaranya siswa sering terlambat masuk kelas, ada siswa yang menggangu temannya disaat belajar; siswa kurang berani bertanya, siswa tidak memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran dan sering keluar masuk saat pelajaran berlangsung. Untuk mengatasi hal tersebut, sehingga dilakukan penelitian kelas yang bertujuan untuk meningkakan minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran sains Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar dengan menerapkan strategi Mempraktikkan maeri yang diajarkan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi mempraktikkan materi yang diajarkan. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, instrument pengumpulan data, analisis data. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1 sebesar 64,19% dan pertemuan 2 sebesar 82,1%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 83,04% dan pertemuan 2 sebesar 76,83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan adanya peningkatan minat belajar siswa memalui penerapan strategi mempraktikkan materi yang diajarkan pada mata pelajaran sains kelas V SD Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, namun penerapan strategi pembelajaran pada pertemuan 2 Siklus II terjadi penurunan minat belajar siswa dikarenakan penerapan strategi dalam jangka waktu lama.