PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA IT MUTIARA DURI
Main Author: | Rince Anovasari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5154/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5154/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5154/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5154/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5154/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5154/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5154/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5154/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional?” Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest -Postest Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan variabel terikat yaitu pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA IT Mutiara Duri, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang diambil sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan instrumen tes pemahaman konsep matematika. Sebelum instrumen tes diujikan, maka dilakukan terlebih dahulu uji validitas, reliabilitas, daya beda soal dan tingkat kesukaran soal. Analisis penelitian menggunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data dan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Pada penelitian ini, didapatkan nilai lebih besar dari (2,812 > 2,01) dan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (85,96 > 77,5). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan yang mengakibatkan adanya pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA IT Mutiara Duri.