MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI PERMAINAN PAPAN BUJUR SANGKAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 05 BERUMBUNG BARU KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK

Main Author: Hikmah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5152/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5152/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5152/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5152/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5152/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5152/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5152/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5152/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Berumbung Baru Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi permainan papan bujur Sangkar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Berumbung Baru Kecamatan Dayun Kabupaten Siak dapat meningkat. Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Berumbung Baru Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang yang terbagi atas 4 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah strategi permainan papan bujur sangkar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 42,85% atau 6 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 9 orang siswa atau ketuntasan hanya mencapai 64,28%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 12 orang siswa atau dengan persentase 85,71%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui strategi permainan papan bujur sangkar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Berumbung Baru Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.