HUBUNGAN ANTARA SIKAP DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Ayuniharmita,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5148/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5148/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5148/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5148/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5148/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5148/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5148/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5148/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor intern yang berasal dari dalam diri maupun faktor ekstern yang berasal dari luar diri siswa. Salah satu faktor intern tersebut adalah sikap siswa itu sendiri dalam proses pembelajaran di kelas. Siswa yang memiliki sikap belajar positif dalam proses pembelajaran akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari siswa yang memiliki sikap belajar negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu sikap siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek penelitian ini adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah hubungan antara sikap dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 296 orang. Sampel ditarik sebesar 20% dengan jumlah 60 orang. Penarikan sampel dilakukan melalui teknik proportional random sampling . Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa nilai rxy (hitung) sebesar 0.384 sedangkan nilai rt(tabel) untuk df 58 pada ἁ = 0,05 adalah 0,250 dan pada ἁ = 0,01 adalah 0,325. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0.250 < 0.384 > 0,325. Oleh karena itu hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan signifikan antara sikap dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Ini juga mengandung pengertian bahwa semakin baik sikap dalam proses pembelajaran maka semakin tinggi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, semakin tidak baik sikap dalam proses pembelajaran maka semakin rendah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.