PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN HUMAN CONTINUUM (GARIS MANUSIA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS IVB SEKOLAH DASAR NEGERI 42 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU
Main Author: | Nurfitrah Amaria, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5144/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5144/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5144/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5144/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5144/5/bab%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5144/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5144/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5144/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 42 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari 39 siswa, terdapat 38,46% atau 15 siswa belum mencapai KKM 76 yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB SD Negeri 42 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru dengan siswa sebanyak 39 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran Human Continuum (garis manusia) untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan teknik pembelajaran Human Continuum (garis manusia) yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas IVB sesudah tindakan. Sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu 65,13 dan yang tuntas hanya 24 siswa (61,54%). Kemudian setelah diadakan tindakan siklus I ternyata terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 72,05 yang tuntas hanya 27 siswa (69,23%) dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan dengan nilai 78,21 dengan siswa yang tuntas mencapai 30 siswa (76,92%). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan teknik pembelajaran Human Continuum (garis manusia) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 42 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru.