PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE(ETH) DAN TEAM QUIZUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BAHASAN LARUTAN ASAM DAN BASA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Main Author: Khaty Addila Ulfa,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5143/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5143/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5143/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5143/3/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5143/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5143/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5143/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5143/
Daftar Isi:
  • Penelitian dilatar belakangi oleh hasil belajar kimia siswa yang rendah dan kurang aktif mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Untuk itu peneliti menerapkan strategi pembelajaran ETH dan Team Quiz. Strategi pembelajaran ETH dan Team Quiz ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan asam dan basa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran ETH dan Team Quiz dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran ETH dan Team Quiz dan satu pertemuan untuk postes. Untuk melihat peningkatan hasil belajar kimia siswa dilakukan uji t-test. Data akhir diperoleh thitung 7,14 dan ttabel 1,67 pada taraf signifikan 5 % hal ini menunjukakan t hitung > ttabel maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan asam dan basa dengan penerapan strategi pembelajaran ETH dan Team Quiz kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Dimana peningkatan hasil belajar siswa dengan gain ternormalisasi didapat 0,73 dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol didapat gain ternormalisasi sebesar 0,58 pada kategori sedang. Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran ETH dan Team Quiz, Larutan Asam dan Basa.