Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan metode Snowball Drilling dalam strategi FIRE-UP pada pokok bahasan sistem periodik unsur dan ikatan kimia di kelas X SMAN 1 Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji Bartlet, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling, sehingga didapatkan sampel yaitu kelas X3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas X1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran Snowball Drilling dalam strategi FIRE-UP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu pengenalan kimia dan struktur atom, dokumentasi, observasi, pretest, dan posttest sebagai data akhir. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 4,125 pada taraf signifikan 5% dan ttabel = 2,000 dan menunjukkan thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data menunjukkan besarnya peningkatan hasil belajar siswa (N-Gain) untuk kelas eksperimen adalah 0,71 untuk kelas kontrol adalah 0,58. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Snowball Drilling dalam strategi FIRE-UP pada pokok bahasan sistem periodik unsur dan ikatan kimia dikelas X SMAN 1 Salo Kabupaten Kampar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,71 yang berada pada kategori tinggi. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Snowball Drilling, Strategi FIRE-UP, Sistem Periodik Unsur dan Ikatan Kimia.