Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMAN 7 Pekanbaru pada Mata Pelajaran Kimia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 7 Pekanbaru melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini dengan rancangan pretes dan postes, dengan jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X3 (eksperimen) berjumlah 36 dan kelas X5 (kontrol) berjumlah 36. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu Struktur Atom, pretes dan postes sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 4,37 dan ttabel = 1,980 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan rumus N-gain, dimana didapatkan N-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,77 yang termasuk kategori tinggi dan N-gain hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 0,65 yang termasuk kategori sedang. Kata Kunci: Giving Question and Getting Answer , Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur dan Ikatan Kimia