PENGARUH MOTIVASI, METODE PEMBELAJARAN, LINGKUNGAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA SMKN 1 BENAI KABUPATEN KUANSING
Main Author: | ANGGI SASTRO WAHYUDI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5097/1/2013_2013102AKN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5097/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mtivasi, metode pembelajaran, lingkungan, kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi pada siswa SMKN 1 Benai Kabupaten Kuansing. Pengambilan sample pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode random sampling. Sample dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Akuntansi SMN 1 Benai Kabupaten Kuansing yang dipilih secara acak. Kuisioner yang disebarkan sebanyak 158 buah dan kembali dengan utuh tanpa ada yang gugur. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda, diuji menggunakan SPSS versi 16. Berdasarkan pengujian terhadap 158 buah kuisioner tersebut maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa empat variabel independen (motivasi, metode pembelejaran, lingkungan dan kecerdasan emosional) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa akuntansi SMKN 1 Benai Kabupaten Kuansing. Hal ini terlihat dari nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel (3,039 > 2,287). Sedangkan secara parsial variabel independen (motivasi, metode pembelejaran, lingkungan dan kecerdasan emosional) juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa Akuntansi SMKN 1 Benai Kabupaten Kuansing. Ha ini dapat dilihat dari t hitung varibel motivasi lebih besar dari t tabel (1,075 > 0,284), t hitung variabel metode pembelajaran lebih besar dari t tabel (0,771>0,442), t hitung variabel lingkungan sekolah lebih besar dari t tabel (2,554 > 0,012), t hitungvariabel lingkungan keluarga lebih besar dari t tabel (0,575 > 0,563), dan t hitung variabel kecerdasan emosional lebih besar dari t tabel (1,071 > 0,012)