HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan anatara konsep diri dengan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu konsep diri (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat/dependen atau variabel Y). Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, sedanagkan bbjek penelitian ini adalah hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertaman Negeri 5 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 107 orang. Sedangkan sampel yaitu siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket yang disusun mengikuti skala rikert dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan mengunakan rumus korelasi Product Moment. Berdasarkan uji korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,602 pada taraf signifikan 5% ataupun 1% (0,325 < 0,602 > 0,418) ini berarti Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara konsep diri dengan motivasi belajar, sehingga dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini yaitu : ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivsi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tambang KecamatanTambang Kabupaten Kampar