STRATEGI GURU PEMBIMBING DALAM MENCEGAH TERJADINYA TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU
Main Author: | Dewi Hidayati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4931/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/ |
ctrlnum |
4931 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/</relation><title>STRATEGI GURU PEMBIMBING DALAM MENCEGAH
TERJADINYA TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI
20 PEKANBARU</title><creator>Dewi Hidayati, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bentuk perilaku
yang mengarah pada tindakan bullying dan (2) strategi guru pembimbing dalam
mencegah terjadinya tindakan bullying antar siswa di SMP Negeri 20 Pekanbaru.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualititatif.
Subjek penelitian ini adalah siswa korban bullying dan guru pembimbing.
Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi dalam mencegah
terjadinya tindakan Bullying. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 orang
siswa dan 5 orang guru pembimbing, Peneliti menggunakan Total Sampling
(semua populasi dijadikan sampel). Untuk pengumpilan data digunakan
wawancara terhadap siswa dan guru pembimbing. Observasi dilakukan terhadap
siswa secara keseluruhan untuk melihat perilaku yang mengarah pada bullying
yang terjadi antar siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif
kualitatif yaitu memaparkan apa adanya hasil wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk perilaku yang
mengarah pada tindakan bullying adalah (1) Siswa korban bullying dipanggil
dengan ejekan fisik seperti si gendut, si gaek, si pendek dan mengolok-olok nama
orangtua. (2) perlakuan tersebut dilakukan oleh teman sekelas dan senior. (3)
didorong, dipukul dan ditendang. (4) dipermalukan didepan umum dan dituduh
melakukan sesuatu yang tidak dilakukan. (5) merusak dan menghilangkan barang
orang lain. (6) diancam. Sedangkan strategi Guru pembimbing dalam mencegah
tindakan bullying adalah (1) Guru Pembimbing menanamkan bahwa rasa aman
adalah milik semua orang. (2) Guru Pembimbing Membekali Siswa dalam
Menghadapi Pelaku Bullying. (3) Guru Pembimbing membangkitkan rasa
kerjasama antar individu. (4) Guru Pembimbing menyadarkan siswa bahwa setiap
individu berbeda-beda latar belakang, cita-cita, pendapat, agama, dan ras. (5)
Guru Pembimbing membangkitkan rasa cinta lingkungan.</description><date>2014-05-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/7/EM.pdf</identifier><identifier> Dewi Hidayati, (2014) STRATEGI GURU PEMBIMBING DALAM MENCEGAH TERJADINYA TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>4931</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Dewi Hidayati, |
title |
STRATEGI GURU PEMBIMBING DALAM MENCEGAH
TERJADINYA TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI
20 PEKANBARU |
publishDate |
2014 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/4931/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4931/ |
contents |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bentuk perilaku
yang mengarah pada tindakan bullying dan (2) strategi guru pembimbing dalam
mencegah terjadinya tindakan bullying antar siswa di SMP Negeri 20 Pekanbaru.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualititatif.
Subjek penelitian ini adalah siswa korban bullying dan guru pembimbing.
Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi dalam mencegah
terjadinya tindakan Bullying. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 orang
siswa dan 5 orang guru pembimbing, Peneliti menggunakan Total Sampling
(semua populasi dijadikan sampel). Untuk pengumpilan data digunakan
wawancara terhadap siswa dan guru pembimbing. Observasi dilakukan terhadap
siswa secara keseluruhan untuk melihat perilaku yang mengarah pada bullying
yang terjadi antar siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif
kualitatif yaitu memaparkan apa adanya hasil wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk perilaku yang
mengarah pada tindakan bullying adalah (1) Siswa korban bullying dipanggil
dengan ejekan fisik seperti si gendut, si gaek, si pendek dan mengolok-olok nama
orangtua. (2) perlakuan tersebut dilakukan oleh teman sekelas dan senior. (3)
didorong, dipukul dan ditendang. (4) dipermalukan didepan umum dan dituduh
melakukan sesuatu yang tidak dilakukan. (5) merusak dan menghilangkan barang
orang lain. (6) diancam. Sedangkan strategi Guru pembimbing dalam mencegah
tindakan bullying adalah (1) Guru Pembimbing menanamkan bahwa rasa aman
adalah milik semua orang. (2) Guru Pembimbing Membekali Siswa dalam
Menghadapi Pelaku Bullying. (3) Guru Pembimbing membangkitkan rasa
kerjasama antar individu. (4) Guru Pembimbing menyadarkan siswa bahwa setiap
individu berbeda-beda latar belakang, cita-cita, pendapat, agama, dan ras. (5)
Guru Pembimbing membangkitkan rasa cinta lingkungan. |
id |
IOS7815.4931 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:07:05Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:07:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821902786363392 |
score |
17.538404 |