ctrlnum 4931
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/</relation><title>STRATEGI GURU PEMBIMBING DALAM MENCEGAH&#xD; TERJADINYA TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA&#xD; DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI&#xD; 20 PEKANBARU</title><creator>Dewi Hidayati, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bentuk perilaku&#xD; yang mengarah pada tindakan bullying dan (2) strategi guru pembimbing dalam&#xD; mencegah terjadinya tindakan bullying antar siswa di SMP Negeri 20 Pekanbaru.&#xD; Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualititatif.&#xD; Subjek penelitian ini adalah siswa korban bullying dan guru pembimbing.&#xD; Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi dalam mencegah&#xD; terjadinya tindakan Bullying. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 orang&#xD; siswa dan 5 orang guru pembimbing, Peneliti menggunakan Total Sampling&#xD; (semua populasi dijadikan sampel). Untuk pengumpilan data digunakan&#xD; wawancara terhadap siswa dan guru pembimbing. Observasi dilakukan terhadap&#xD; siswa secara keseluruhan untuk melihat perilaku yang mengarah pada bullying&#xD; yang terjadi antar siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif&#xD; kualitatif yaitu memaparkan apa adanya hasil wawancara dan observasi.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk perilaku yang&#xD; mengarah pada tindakan bullying adalah (1) Siswa korban bullying dipanggil&#xD; dengan ejekan fisik seperti si gendut, si gaek, si pendek dan mengolok-olok nama&#xD; orangtua. (2) perlakuan tersebut dilakukan oleh teman sekelas dan senior. (3)&#xD; didorong, dipukul dan ditendang. (4) dipermalukan didepan umum dan dituduh&#xD; melakukan sesuatu yang tidak dilakukan. (5) merusak dan menghilangkan barang&#xD; orang lain. (6) diancam. Sedangkan strategi Guru pembimbing dalam mencegah&#xD; tindakan bullying adalah (1) Guru Pembimbing menanamkan bahwa rasa aman&#xD; adalah milik semua orang. (2) Guru Pembimbing Membekali Siswa dalam&#xD; Menghadapi Pelaku Bullying. (3) Guru Pembimbing membangkitkan rasa&#xD; kerjasama antar individu. (4) Guru Pembimbing menyadarkan siswa bahwa setiap&#xD; individu berbeda-beda latar belakang, cita-cita, pendapat, agama, dan ras. (5)&#xD; Guru Pembimbing membangkitkan rasa cinta lingkungan.</description><date>2014-05-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4931/7/EM.pdf</identifier><identifier> Dewi Hidayati, (2014) STRATEGI GURU PEMBIMBING DALAM MENCEGAH TERJADINYA TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>4931</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dewi Hidayati,
title STRATEGI GURU PEMBIMBING DALAM MENCEGAH TERJADINYA TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU
publishDate 2014
topic 373.236 Sekolah Menengah Pertama
SMP
url http://repository.uin-suska.ac.id/4931/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4931/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4931/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4931/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4931/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4931/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4931/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4931/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bentuk perilaku yang mengarah pada tindakan bullying dan (2) strategi guru pembimbing dalam mencegah terjadinya tindakan bullying antar siswa di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualititatif. Subjek penelitian ini adalah siswa korban bullying dan guru pembimbing. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi dalam mencegah terjadinya tindakan Bullying. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa dan 5 orang guru pembimbing, Peneliti menggunakan Total Sampling (semua populasi dijadikan sampel). Untuk pengumpilan data digunakan wawancara terhadap siswa dan guru pembimbing. Observasi dilakukan terhadap siswa secara keseluruhan untuk melihat perilaku yang mengarah pada bullying yang terjadi antar siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu memaparkan apa adanya hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk perilaku yang mengarah pada tindakan bullying adalah (1) Siswa korban bullying dipanggil dengan ejekan fisik seperti si gendut, si gaek, si pendek dan mengolok-olok nama orangtua. (2) perlakuan tersebut dilakukan oleh teman sekelas dan senior. (3) didorong, dipukul dan ditendang. (4) dipermalukan didepan umum dan dituduh melakukan sesuatu yang tidak dilakukan. (5) merusak dan menghilangkan barang orang lain. (6) diancam. Sedangkan strategi Guru pembimbing dalam mencegah tindakan bullying adalah (1) Guru Pembimbing menanamkan bahwa rasa aman adalah milik semua orang. (2) Guru Pembimbing Membekali Siswa dalam Menghadapi Pelaku Bullying. (3) Guru Pembimbing membangkitkan rasa kerjasama antar individu. (4) Guru Pembimbing menyadarkan siswa bahwa setiap individu berbeda-beda latar belakang, cita-cita, pendapat, agama, dan ras. (5) Guru Pembimbing membangkitkan rasa cinta lingkungan.
id IOS7815.4931
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:07:05Z
last_indexed 2019-07-31T02:07:05Z
recordtype dc
_version_ 1674821902786363392
score 17.538404