PENERAPAN TEKNIK PENGAJUAN PENDAPAT TERTULIS MELALUI MATERI MENTAATI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Feri Fadli Supardi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4927/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/ |
ctrlnum |
4927 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/4927/</relation><title>PENERAPAN TEKNIK PENGAJUAN PENDAPAT TERTULIS MELALUI
MATERI MENTAATI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH
DASAR NEGERI 004 RANAH SUNGKAI
KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Feri Fadli Supardi, </creator><subject>372 Pendidikan Dasar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi
mentaati peraturan perundang-undangan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004
Ranah Sungkai dengan melalui teknik pengajuan pendapat tertulis. Penelitian ini
dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di V
Sekolah Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai dengan
jumlah siswa sebanyak 24 orang. Adapun objek penelitiannya adalah penerapan
teknik pengajuan pendapat tertulis. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Indikator
keberhasilan hasil belajar PKn yang ditetapkan dalam penelitian ini, jika mencapai
secara klasikal diperoleh > 75% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM yang
telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan teknik
pengajuan pendapat tertulis pada materi mentaati peraturan perundang-undangan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V Sekolah
Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan
persentase rata-rata ketercapaian hasil belajar PKn siswa pada pra tindakan adalah
62.50 dengan persentase ketuntasan 41,67%, sedangkan setelah penerapan
tindakan meningkat menjadi 83.33% dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar
71.29.</description><date>2014-05-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4927/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4927/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4927/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4927/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4927/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4927/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4927/7/EM.pdf</identifier><identifier> Feri Fadli Supardi, (2014) PENERAPAN TEKNIK PENGAJUAN PENDAPAT TERTULIS MELALUI MATERI MENTAATI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>4927</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Feri Fadli Supardi, |
title |
PENERAPAN TEKNIK PENGAJUAN PENDAPAT TERTULIS MELALUI
MATERI MENTAATI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH
DASAR NEGERI 004 RANAH SUNGKAI
KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2014 |
topic |
372 Pendidikan Dasar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/4927/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4927/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi
mentaati peraturan perundang-undangan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004
Ranah Sungkai dengan melalui teknik pengajuan pendapat tertulis. Penelitian ini
dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di V
Sekolah Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai dengan
jumlah siswa sebanyak 24 orang. Adapun objek penelitiannya adalah penerapan
teknik pengajuan pendapat tertulis. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Indikator
keberhasilan hasil belajar PKn yang ditetapkan dalam penelitian ini, jika mencapai
secara klasikal diperoleh > 75% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM yang
telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan teknik
pengajuan pendapat tertulis pada materi mentaati peraturan perundang-undangan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V Sekolah
Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan
persentase rata-rata ketercapaian hasil belajar PKn siswa pada pra tindakan adalah
62.50 dengan persentase ketuntasan 41,67%, sedangkan setelah penerapan
tindakan meningkat menjadi 83.33% dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar
71.29. |
id |
IOS7815.4927 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:07:05Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:07:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821902769586176 |
score |
17.538404 |