Daftar Isi:
  • Pada dasarnya semua orang wajib menanamkan norma-norma kehidupan dalam dirinya masing-masing, begitu pula dengan anak-anak jalanan atau anak terlantar. Dalam kehidupan bernegara dan beragama norma sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya norma-norma dikehidupan ini seseorang tidak dapat menjadi pribadi yang baik dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat. Norma-norma dikehidupan ini dibuat agar manusia memiliki arah dalam menjalani kehidupannya sehingga terciptanya kehidupan yang aman, damai, nyaman dan tentram. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana peran ataupun fungsi dari pembimbing dalam memberikan bimbingan tentang norma-norma kehidupan bagi anak asuh di panti asuhan As-Shahwah. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pembimbing dalam menanamkan norma-norma kehidupan bagi anak asuh di panti asuhan As-Shahwah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Metodologi yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu setelah data terkumpul selanjutnya adalah penganalisaan data yang telah ada, dan teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi dan dukumentasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pembimbing di panti asuhan As-Shahwah sebanyak 3 orang dan yang menjadi objek penelitian adalah peran pembimbing dalam menanamkan norma-norma kehidupan bagi anak asuh di panti asuhan As-Shahwah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran pembimbing dalam menanamkan norma-norma kehidupan bagi anak asuh di panti asuhan AsShahwah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dapat dikatakan “sangat berperan”. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya norma-norma yang diajarkan oleh pembimbing, adanya metode khusus yang diberikan oleh pembimbing dalam menanamkan norma-norma serta adanya respon anak asuh terhadap penanaman norma-norma kehidupan.