PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA SMPN 2 TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Susanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4859/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4859/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4859/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4859/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4859/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4859/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4859/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok fungsi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan Student Teams Achievement Division pada siswa smpn 2 tapung hilir kabupaten kampar. Penelitian ini adalah penelitian komparatif, Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket dan tes hasil belajar. Dalam penelitian ini pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali pertemuan pada kelas VIII B, yaitu enam kali menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan satu kali pertemuan lagi melaksanakan penyebaran angket dan tes. Pada kelas VIII C juga dilaksanakan sebanyak tujuh kali pertemuan pada kelas VIII B, yaitu enam kali menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan satu kali pertemuan lagi melaksanakan penyebaran angket dan tes. Berdasarkan analisis data menggunakan uji âtâ, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan (ada kesamaan) motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Untuk hasil belajar juga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan (ada kesamaan) motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division.