PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PANGKALAN KERINCI
Main Author: | Ade Widia Ningsih, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4857/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4857/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4857/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4857/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4857/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4857/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4857/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4857/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaaan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci antara siswa yang diterapkan strategi pembelajaran siklus dengan pendekatan struktural think pair share dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaaan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Keirnci antara siswa yang diterapkan strategi pembelajaran siklus dengan pendekatan struktural think pair share dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci semester genap tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 306 siswa yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan strategi pembelajaran siklus dengan pendekatan struktural think pair share dan VIIIBsebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama empat kali pertemuan, yang terdiri atas tiga kali pertemuan dengan menggunakan pembelajaran siklus dengan pendekatan struktural think pair share dan satu pertemuan untuk mengadakan postes. Berdasarkan hasil analisis data, dapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaaan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci antara siswa yang diterapkan pembelajaran siklus dengan pendekatan struktural think pair share dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari uji tes-t di dapat sebesar 3,48 yang lebih besar dari ttable yaitu 2,00 dan 2,65.