Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) di MTs Hasanah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di MTs Hasanah Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru sebanyak 64 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions di MTs Hasanah Pekanbaru