KEMAMPUAN GURU MENGANALISIS KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU
Main Author: | Leni Lestari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4843/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4843/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4843/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4843/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4843/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4843/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4843/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4843/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru menganalisis kemampuan awal siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana kemampuan guru menganalisis kemampuan awal siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru? dan 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru menganalisis kemampuan awal siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan guru menganalisis kemampuan awal siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan análisis deskriptif, dengan rumus : X 100 % FN P Keterangan : P = Angka Persentase F = Frekuensi yang sedang dicari N = Jumlah Frekuensi Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kemampuan guru menganalisis kemampuan awal siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru tergolong dalam kategori “baik” dengan persentase 70.36%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru menganalisis kemampuan awal siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut adalah kemampuan guru untuk menerapkan pembelajaran secara rinci dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, pengalaman teoretis (latar belakang pendidikan guru) dan partisipasi dari dukungan kepala sekolah yang mengorganisir kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.