PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE LEARNING CONTRACTS DIKELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Marniati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4837/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4837/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4837/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4837/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4837/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4837/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4837/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4837/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini dapat dilihat dari gejalagejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya aktivitas belajar siswa, sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan Metode Learning Contracts dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 012 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Sebelum dilakukan tindakan aktivitas belajar siswa tergolong kurang baik dengan persentase 49.5%, terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan kedua dengan persentase 64.1%. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan kedua juga terjadi peningkatan dengan persentase 79.2% dengan kategori Sangat Tinggi, hal ini membuktikan bahwa dengan Metode Learning Contracts dapat meningkatkan aktivitas belajar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 012 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar