MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN SHALAT ‘ID MELALUI METODE PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Rahma Yunita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4814/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4814/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4814/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4814/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4814/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4814/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4814/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4814/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan shalat ‘id pada mata pelajaran Fiqih melalui metode praktikum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam melaksanakan shalat ‘id di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang menjadi subjeknya adalah guru dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Aursati dan objeknya yaitu penerapan metode praktikum. Berhasilnya penerapan metode praktikum pada mata pelajaran Fiqih, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam melaksanakan shalat ‘Id dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 48.0% dengan kategori “kurang mampu” karena 48.0% berada pada rentang di bawah 54%. Pada siklus I kemampuan siswa tergolong “mampu” karena 71.9% berada pada rentang 70-79%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi 82.6% dengan kategori “ sangat mampu”, karena siswa berada pada rentang 80-100%. Artinya Kemampuan Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dalam melaksanakan Shalat ‘Id telah mencapai 75%.