PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN MENGGUNAKAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X IPA SMAN 2 PEKANBARU
Main Author: | Herlina Rahmadani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4810/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4810/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4810/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4810/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4810/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4810/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4810/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4810/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMAN 2 Pekanbaru pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 2 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan menggunakan Card Sort. Penelitian ini dengan rancangan pretes dan postes, dengan jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X IPA 1 (eksperimen) berjumlah 32 siswa dan kelas X IPA 2 (kontrol) berjumlah 31 siswa. Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu pengenalan ilmu kimia, pretes dan postes sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan ttest. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,59 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga hipotesis diterima, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan rumus N-gain, dimana didapatkan N-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,708 yang termasuk kategori tinggi dan N-gain hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 0,581 yang termasuk kategori sedang.