MINAT SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 MODEL PEKANBARU
Main Author: | Sustika Sari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/481/1/2011_2011618.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/481/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa mengikuti layanan konseling individual dan faktor yang mempengaruhi minat siswa mengikuti layanan konseling individual di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru. Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru adalah salah satu sekolah negeri yang memberikan pelayanan bimbingan dan konseling yang diharapkan menjadi tempat siswa untuk menyesaikan suatu persoalan. Tetapi kenyataannya siswa kurang berminat melakukan layanan konseling individual dan menjadikan layanan konseling individual sebagai media untuk menyelesaikan persoalan persoalan yang mereka hadapi baik masalah sosial, belajar, pribadi dan lain-lain. Siswa belum merata mendapatkan layanan konseling individual dikarenakan guru pembimbing yang tidak memadai sehingga guru pembimbing tidak mau menekankan kepada siswa agar dapat mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru pembimbing di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru belum sepenuhnya maksimal dalam memberikankan layanan konseling individual serta siswa kurang berminat mengikuti layanan konseling individual yang ada di sekolah. Berdasarkan penelitian di atas, maka penulis menyarankan kepada guru pembimbing yang ada di sekolah agar dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja terhadap para siswa mengikuti layanan konseling individual.