PERANAN PEMBIMBING DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH PEKANBARU
Main Author: | Afri Ramadani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4798/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4798/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4798/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4798/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4798/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4798/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4798/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4798/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang hal mana yang baik sehingga anak asuh menjadi paham tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan nilai yang baik dan biasa melakukannya. Untuk itu peranan pembimbing sangat penting dalam membina karakter anak asuh, supaya anak asuh ada yang mengawasi dan menasehati serta pembimbing menjadi figur yang baik agar bisa dicontoh oleh anak asuh. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peranan pembimbing dalam membina karakter anak asuh di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Pekanbaru. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan pembimbing dalam membina karakter anak asuh di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Pekanbaru. Subyek dalam penelitian ini adalah pembimbing di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Pekanbaru 1 orang dan anak asuh di Panti 6 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peranan pembimbing dalam membina karakter anak asuh di Panti AsuhanYatim Putra Muhammadiyah Pekanbaru. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran tentang peranan pembimbing dalam membina karakter anak asuh di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Pekanbaru. Adapun teknik analisis datanya adalah teknik analisa deskriptif Kualitatif, yaitu setelah data terkumpul langkah selanjutnya adalah dengan memberikan penganalisaan data yang telah ada. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembimbing telah berperan dalam membina karakter anak asuh di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Pekanbaru dengan cara pembimbing menjadi contoh suri tauladan yang baik kepada anak asuh nya dalam kehidupan sehari-hari baik dari segi perkataan dan perbuatan, menciptakan suasana yang nyaman dan tentram, memberikan motivasi dan bersikap demokrasi terhadap anak asuh.